RPP 1 Lembar Pend Agama Kristen Kelas 10 SMA Revisi 2020

RPP Pend. Agama Kristen Kelas 10 SMA Revisi 2020. RPP 1 Lembar Pend Agama Kristen dan Budi Pekerti kelas X kurikulum 2013 revisi 2020 sesuai permendikbud no.14 tahun 2019. RPP Pend Agama Kristen Kelas 10 tentang Menjadi manusia dewasa dalam iman.
rpp pend agama kristen kelas 10 sma kurikulum 2013 revisi 2020
Terkait dengan pembuatan RPP 1 lembar pendidikan agama kristen kelas X, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan bahwa terkait kebijakan merdeka belajar, maka Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pend Agama Kristen kelas 10 Revisi 2020 perlu disederhanakan (Jpnn.com).

Baca juga : RPP 1 Lembar Pend Agama Kristen Kelas 12 K13 Revisi 2020. RPP yang para rekan guru buat dengan belasan komponen seperti
  1. identitas sekolah,
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema
  3. kelas dan semester
  4. materi pokok
  5. alokasi waktu
  6. tujuan pembelajaran,
  7. Kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi
  8. materi pembelajaran
  9. metode pembelajaran
  10. media pembelajaran
  11. sumber belajar
  12. langkah-langkah pembelajaran
  13. penilaian hasil pembelajaran.
Dalam rpp 1 lembar pendidikan agama kristen kelas 10 revisi 2020, dari ketigabelas komponen tersebut disederhanakan menjadi TIGA KOMPONEN saja yaitu: tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran serta penilaian pembelajaran (assessment), sedangkan komponen yang lain hanya bersifat sebagai pelengkap.

Saatnya guru pendidikan agama kristen kelas 10 SMA/SMK Mengikuti arahan pak mendikbud yaitu membuat RPP satu lembar pendidikan agama kristen kelas X yang merupakan tugas Wajib guru pendidikan agama kristen .

Semoga dengan format sederhana ini tujuan dari pembelajaran dapat tercapai sehingga Pembelajaran dikelas lebih efektif dan efesien.

Adapun bagi rekan-rekan guru mata pelajaran pendidikan agama kristen khususnya kelas X yang mencari contoh Formatnya sebagai referensi di blog ini akan admin bagikan. sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Lesson plan ini disusun sesuai dengan edaran no 14 tahun 2019.

Hanya tiga komponen saja sudah cukup dimuat dalam RPP pendidikan agama kristen anda. Komponen rpp kurikulum 2013 pendidikan agama kristen yang dimaksud sudah admin jelaskan di atas.

Baik, langsung saja berikut rpp 1 lembar pendidikan agama kristen kelas X sma/ma/smk revisi 2020 dengan materi Menjadi manusia dewasa dalam iman :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                 : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                    : X / Ganjil
Materi Pokok                       : Menjadi manusia dewasa dalam iman
Alokasi Waktu                     : 135 Menit

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Mensyukuri karunia Allah bagi dirinya yang terus bertumbuh sebagai pribadi dewasa
·         Mengembangkan perilaku sebagai pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa
·         Menjelaskan bahwa kedewasaan fisik harus diikuti oleh kematangan emosional
·         Menyebutkan minimal tiga hal yang menunjukkan kematangan emosional dirinya, serta sikapnya yang menunjukkan kedewasaan dan tanggung jawab.
·         Menyebutkan tiga ciri kedewasaan yang benar.
·         Menerapkan sikap tidak mudah diombang-ambingkan oleh bujuk rayu oleh ajaran-ajaran yang sesat, baik dari dunia keyakinan agama, maupun nilai-nilai masyarakat di masa kini.
·         Menjelaskan alasan-alasan mengapa hidup bertanggung jawab itu penting.
·         Mendeskripsikan beberapa contoh kehidupan yang bertanggung jawab sebagai ciri-ciri kedewasaan pribadi dan iman.
·         Menyajikan karya tulis tentang ciri-ciri pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa

B.      Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media                        : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Alkitab
Alat/Bahan              : Spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar      : Buku Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016; Internet

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :
Pemahaman tentang Remaja.
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Kegiatan Literasi
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pemahaman tentang Remaja.
Critical Thinking
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pemahaman tentang Remaja.
Collaboration
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pemahaman tentang Remaja.
Communication
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
Creativity
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pemahaman tentang Remaja. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
D.      Penilaian Hasil Pembelajaran
1.       Penilaian Skala Sikap
2.       Penilaian Diskusi

                                                                                                                           ……….............……..,... Juli 20...

Mengetahui
Kepala Sekolah ………….                                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………………………                                                           …………………………………….
NIP/NRK.                                                                                                     NIP/NRK.

Demikianalh contoh rpp model 1 lembar untuk mata pelajaran pendidikan agama kristen khususnya kelas 10 semester ganjil dengan materi Menjadi manusia dewasa dalam iman untuk SMA/SMK revisi 2020 sesuai permendikbud nomor 14 tahun 2019.

Jangan lupa share artikel rpp pend agama kristen kelas x kurikulum 2013 revisi 2020 ini.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul :

RPP 1 Lembar Pend Agama Kristen Kelas 10 SMA Revisi 2020

0 Response to "RPP 1 Lembar Pend Agama Kristen Kelas 10 SMA Revisi 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi 2020, KLIK DI SINI