RPP 1 Lembar Pend Agama Islam Kelas X SMA/Ma/SMK K13 Revisi 2020

RPP pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2020. rpp pend agama islam kurikulum 2013 terbaru. Selamat malama, pada kesempatan kali ini admin membagikan contoh rpp 1 lembar revisi 2020 sesuai permendibud no.14 tahun 2019 yakni rpp 1 lembar pai dan budi pekerti kelas 10 revisi 2020.
rpp 1 lembar pend agama islam kelas 10
Sebelum lanjut silahkan baca dulu postingan kemarin seputar rpp 1 lembar bahasa inggris kelas 11 sma revisi 2020 dan rpp 1 lembar ekonomi kelas x sma/ma k13 revisi 2020.

Proses penyusunan RPP Nadiem Makarim atau disebut RPP 1 Lembar PAI dan Budi Pekerti memang tak serumit Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebelumnya. Dalam RPP Terbaru pend agama islam ini guru diberi kebebasan untuk memilih bentuk dan format RPPnya sendiri.

Selain itu RPP pendidikan agama islam model lama yang sesuai dengan kurukulum yang duguanakan saat ini juga masih bisa digunakan. Artinya guru diberi kebebasan dalam menentukan rencana pembelajarannya atau bisa disebut dengan merdeka belajar.

RPP Pend agama islam kelas x Kurikulum 2013 Revisi 2020 Format 1 Lembar adalah RPP yang didalamnya memuat tiga komponen utama yaitu tujuan, kegiatan KBM dan penilaian yang mana di RPP Sebelumnya komponen RPP terdiri dari 13 item/komponen. Komponen – komponen selain 3 poin utama itu masih bisa digunakan apabila diperlukan oleh guru sebagai bahan pelengkap.

Nah, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan rpp pendidikan agama islam dan budi pekerti model 1 lembar revisi 2020 dengan materi Meniti Hidup dengan Kemuliaan semester 1 kelas x dimana pada rpp agama islam kelas 10 sesuai dengan permendikbud no.14 tahun 2019.

Berikut rpp 1 lembar pend agama islam kelas 10 sma/ma/smk revisi 2020 dengan materi Meniti Hidup dengan Kemuliaan :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                 : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                    : X / Ganjil
Materi Pokok                       : Meniti Hidup dengan Kemuliaan
Alokasi Waktu                     : 135 Menit

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.       Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.
2.       Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait.
3.       Menganalisis Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
4.       Membaca Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf
5.       Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar.

B.      Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media                     : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an
Alat/Bahan           : Spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar   : Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :
Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Kegiatan Literasi
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
Critical Thinking
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
Collaboration
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
Communication
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
Creativity
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
D.      Penilaian Hasil Pembelajaran
1.       Penilaian Skala Sikap
2.       Penilaian “Membaca dengan Tartil”
3.       Penilaian Diskusi



                                                                                                                         ……….............……..,... Juli 20...

Mengetahui
Kepala Sekolah ………….                                                                      Guru Mata Pelajaran




……………………………………                                                          …………………………………….
NIP/NRK.              NIP/NRK.

Demikianlah rpp 1 lembar pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas 10 sma/ma/smk kurikulum 2013 revisi 2020 atau disingkat dengan rpp pai dan bp kelas x revisi 2020. Jangan lupa bantu share.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul :

RPP 1 Lembar Pend Agama Islam Kelas X SMA/Ma/SMK K13 Revisi 2020

1 Response to "RPP 1 Lembar Pend Agama Islam Kelas X SMA/Ma/SMK K13 Revisi 2020"

  1. Rpp sebentar lagi akan game over, di gantikan dengan Modul ajar versi sekolah penggerak

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi 2020, KLIK DI SINI