RPP 1 Lembar Ekonomi Kelas 10 SMA/Ma K13 Revisi 2020

Download RPP Ekonomi kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2020. Download rpp 1 lembar ekonomi kelas x revisi 2020. Selamat malam, pada kesempatan kali ini admin membagikan link download rpp 1 lembar ekonomi kelas 10 revisi 2020 setelah beberapa hari yang lalu admin membagikan rpp ekonomi kelas 11 revisi 2020 dan rpp 1 lembar kimia kelas 10 revisi 2020.
rpp 1 lembar ekonomi kelas 10 sma revisi 2020
RPP ekonomi kelas 10 revisi 2020 materi Konsep Dasar Ilmu Ekonomi. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang sangat di butuhkan oleh setiap guru mata pelajaran ekonomi kelas x sebelum melakukan aktivitas mengajarnya di sekolah.

RPP ekonomi 1 lembar kelas x menjadi sebuah pegangan bagi seorang guru ketika akan mengajar sebab segala perencanaan guru sebelum mangajar semuanya ada pada perangkat pembelajaran RPP 1 lembar ekonomi tersebut.

Dapat di ibaratkan bahwa RPP 1 lembar ekonomi sebagai senjata yang akan di gunakan untuk berperang, tanpa RPP model 1 lembar maka proses pembelajaran ekonomi kelas 10 yang akan dilakukan oleh seorang guru ekonomi akan terasa kurang maksimal dan tidak terarah sehingga rpp 1 lembar ekonomi sungguh sangat membantu tugas guru ekonomi kelas x ketika akan melakukan tugas mengajar.

Menteri Pendidikan memberikan kemudahan penyusunan RPP ekonomi kelas 10 dengan melakukan penyederhanaan pada komponennya. Sesuai dengan edaran nomor 14 tahun 2019, dari tiga belas komponen direvisi menjadi tiga komponen saja.

Adapun komponen inti yang harus di tuliskan dalam rencana mengajar guru meliputi Tujuan Pembelajaran, Kegiatan pembelajaran dan Bentuk Penilaian sebagai evaluasi.

Baik langsung saja berikut rpp 1 lembar ekonomi kelas 10 sesuai dengan permendikbud no.14 tahun 2019 revisi 2020 dengan materi Konsep Dasar Ilmu Ekonomi :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                 : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Ekonomi
Kelas/Semester                    : X / Ganjil
Materi Pokok                       : Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
Alokasi Waktu                     : 135 Menit

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Memahami pengertian ilmu ekonomi
·         Mengidentifikasi masalah ekonomi (kelangkaan/scarcity dan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)
·         Memahami konsep pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas
·         Memahami kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan
·         Memahami konsep biaya peluang (opportunity cost)
·         Memahami konsep prinsip ekonomi
·         Memahami konsep motif ekonomi
·         Memahami pembagian ilmu ekonomi
·         Memahami konsep ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)
·         Menyajikan hasil identifikasi  tentang konsep ilmu ekonomiberdasarkan data/informasi dari berbagai sumber belajar yang relevan

B.      Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media                        : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan              : Spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar      : Buku Ekonomi Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016; Internet

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :
Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas.
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Kegiatan Literasi
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas.
Critical Thinking
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas.
Collaboration
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas.
Communication
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
Creativity
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi, Pilihan dan skala prioritas. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
D.      Penilaian Hasil Pembelajaran
1.       Penilaian Pengetahuan; Teknik Penilaian: Tes Uraian
2.       Penilaian Keterampilan; Penilaian Diskusi

                                                                                                                           ……….............……..,... Juli 20...

Mengetahui
Kepala Sekolah ………….                                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………………………                                                           …………………………………….
NIP/NRK.                                                                                                     NIP/NRK.

Demikianlah model rpp 1 lembar ekonomi kelas 10 sma/ma revisi 2020 sesuai dengan permendikbud no.14 tahun 2019. Jangan lupa bantu share.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul :

RPP 1 Lembar Ekonomi Kelas 10 SMA/Ma K13 Revisi 2020

0 Response to "RPP 1 Lembar Ekonomi Kelas 10 SMA/Ma K13 Revisi 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi 2020, KLIK DI SINI