RPP 1 Lembar Kimia Kelas 10 SMA/Ma K13 Revisi 2020

RPP Kurikulum 2013 materi Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamat¬an dan keamanan kimia di laboratorium serta peran Kimia dalam kehidupan. Selamat malam kembali lagi admin membagikan rpp 1 lembar kurikulum 2013 revisi 2020 yakni rpp sesuai permendikbud no.14 tahun 2019 yaitu rpp kimia kelas 10 sma/ma revisi 2020.
rpp kimia 1 lembar kelas 10 sma/ma revisi 2020
Bapak/ibu guru silahkan baca juga postingan sebelumnya seputar rpp 1 lembar penjas kelas 12 dan rpp pendidikan agama islam kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2020.

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim Membuat perubahan baru pada dunia pendidikan yang bernama Merdeka belajar. Salah satu perubahan tersebut adalah RPP guru. Dimana model rpp adalah rpp 1 lembar kimia kelas 10. RPP 1 Halaman / RPP 1 Lembar adalah RPP Format Terbaru yang hingga saat ini masih ramai diperbincangkan oleh guru, Kepala Sekolah, Pengawas bahkan hingga pakar pendidikan.

RPP 1 Halaman / 1 Lembar ini sudah dapat disusun oleh guru mata pelajaran kimia kelas 10 di sma/ma sejak dikeluarkannya Surat Edaran Menteri tentang penyusunan RPP Revisi 2020 didasarkan empat prinsip penyusunan RPP yaitu :
  1. RPP 1 lembar kimia kelas 10 yang disusun oleh guru / pendidik harus memperhatikan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada peserta didik/ siswa.
  2. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan No 22 Tahun 2016 mengenai standar Proses Penyusunan RPP terdiri dar 13 komponen yang untuk sekarang disederhanakan menjadi tiga poin pokok yaitu tujuan, kegiatan pembelajaran dan penilaian adapun komponen lain menjadi tambahan atau pelengkap.
  3. Individu, Sekolah dan kelompok kerja guru seperti KKG, MGMP atau yang lainnya diberi kebebasan untuk memilih, membuat dan menyusun RPP secara mandiri sesuai dengan kondisi sekolah dan kondisi pendukung lain dengan tujuan keberhasilan murid lebih besar.
  4. Adapun RPP 1 lembar kimia kelas 10 yang telah dibuat atau disusun sebelumnya masih bisa diguanakan atau disesuiakan dengan kondisi dan perkembangan zaman sebagaimana dimaksud dalam ketentuan 1,2 dan 3.
RPP 1 Lembar revisi 2020 kimia kelas x ini disebabkan dengan menyusun RPP sendiri guru kimia kelas x sma/ma bisa lebih tahu dengan situasi dan kondisi siswa yang akan diajar dan tempat dimana dia mengajar.

Dan dalam penyusunan RPP kimia kelas 10 k13 revisi 2020 menuliskan tujuan pembelajaran guru harus merujuk pada KI dan KD serta kebutuhan murid dalam belajar.

Nah, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan rpp 1 lembar untuk kimia kelas 10 revisi 2020 kurikulum 2013 dengan materi Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium serta peran Kimia dalam kehidupan.

Berikut rpp kimia kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2020 model 1 lembar :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                                                 : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Kimia
Kelas/Semester                    : X / Ganjil
Materi Pokok                       : Metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia,  keselamat­an dan keamanan kimia di laboratorium
serta peran Kimia dalam kehidupan
Alokasi Waktu                     : 135 Menit

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Mengidentifikasi berbagai produk yang mengandung bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
·         Mengidentifikasi alat-alat laboratorium kimia dan fungsinya
·         Mengidentifikasi beberapa bahan kimia dan sifatnya (mudah meledak, mudah terbakar, beracun, penyebab iritasi, korosif, dan lain-lain).
·         Memahami cara kerja ilmuwan kimia dalam melakukan penelitian dengan menggunakan metode ilmiah (membuat hipotesis, melakukan percobaan, dan menyimpulkan)
·         Merancang percobaan ilmiah, misalnya menentukan variabel yang mempengaruhi kelarutan gula dalam air dan mempresentasikan hasil percobaan.
·         Menjelaskan hakikat ilmu Kimia
·         Memahami prosedur standar tentang keselamatan dan keamanan kimia di laboratorium.
·         Memahami  peran Kimia dalam penguasaan ilmu lainnya baik ilmu dasar, seperti biologi, astronomi, geologi, maupun ilmu terapan seperti pertambangan, kesehatan, pertanian, perikanan dan teknologi.
·         Menyajikan hasil rancangan percobaan ilmiah, misalnya menentukan variabel yang mempengaruhi kelarutan gula dalam air dan mempresentasikan hasil percobaan.
·         Menyajikan peran Kimia dalam penguasaan ilmu lainnya baik ilmu dasar, seperti biologi, astronomi, geologi, maupun ilmu terapan seperti pertambangan, kesehatan, pertanian, perikanan dan teknologi.

B.      Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media                        : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan              : Spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar      : Buku Kimia Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016; Internet

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :
Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia.
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Kegiatan Literasi
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia.
Critical Thinking
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia.
Collaboration
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia.
Communication
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
Creativity
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Metode ilmiah dan Hakikat ilmu Kimia. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
D.      Penilaian Hasil Pembelajaran
1.       Penilaian Pengetahuan; Teknik Penilaian: Tes Uraian
2.       Penilaian Keterampilan; Penilaian Praktek

                                                                                                                           ……….............……..,... Juli 20...

Mengetahui
Kepala Sekolah ………….                                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………………………                                                           …………………………………….
NIP/NRK.                                                                                                     NIP/NRK.

Demikianlah contoh rpp 1 lembar kimia kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2020 sesuai permendikbud no.14 tahun 2019. Jangan lupa bantu share ya.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul :

RPP 1 Lembar Kimia Kelas 10 SMA/Ma K13 Revisi 2020

1 Response to "RPP 1 Lembar Kimia Kelas 10 SMA/Ma K13 Revisi 2020"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi 2020, KLIK DI SINI