RPP 1 Lembar Ekonomi Kelas 11 SMA/Ma K13 Revisi 2020

RPP ekonomi kurikulum 2013 revisi 2020. Selamat datang kembali lagi admin membagikan contoh rpp kurikulum 2013 revisi 2020 yakni rpp 1 lembar ekonomi kelas 12 revisi 2020 namun sebelum melanjutkan anda bisa membaca postingan kemarin yakni rpp 1 lembar kimia kelas 10 sma revisi 2020 dan RPP 1 lembar penjas kelas 12 sma/ma/smk revisi 2020.
RPP 1 Lembar Ekonomi Kelas 11 Revisi 2020
Pada kesepatan ini, admin akan memprediksi contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 lembar ekonomi kelas 11 sesuai Surat Edaran No.14 Tahun 2019 dengan memperhatikan prinsip-prinsip penyusunan RPP ayang efektif, efisien dan berorientasi pada peserta didik.

Pada surat edaran Permendikbud no 14 tahun 2019 berisi Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP ekonomi kelas 11 sma/ma yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan l(ebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proscs Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pcmbelajaran, langkah-langkah (kegiatarr) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessmenf) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.

Proses penyusunan RPP ekonomi kelas 11 Nadiem Makarim atau disebut RPP 1 Lembar memang tak serumit Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebelumnya. Dalam RPP Terbaru ini guru diberi kebebasan untuk memilih bentuk dan format RPPnya sendiri.

Selain itu RPP ekonomi kelas xi lama yang sesuai dengan kurukulum yang duguanakan saat ini juga masih bisa digunakan. Artinya guru diberi kebebasan dalam menentukan rencana pembelajarannya atau bisa disebut dengan merdeka belajar.

Contoh RPP 1 Halaman Ekonomi SMA kelas 11 merupakan RPP yang di susun berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan Nomor 14 Tahun 2019. Dimana RPP ekonomi kuikulum 2013 yang disusun oleh guru / pendidik disusun berdasarkan prinsip efektif dan efisien yang mengedepankan pembelajaran berbasis siswa.

Dalam RPP ekonomi K13 revisi 2020 SMA/SMk/MA Format 1 lembar juga tetap memperhatiakan pendekatan saintifik yang berbasis pada perkembangan Abad 21, PPK, Literasi dan HOTS.

Baik langsung saja berikut rpp 1 lembar ekonomi kelas 11 revisi 2020 dengan materi Pendapatan Nasional :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                 : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Ekonomi
Kelas/Semester                    : XI / Ganjil
Materi Pokok                       : Pendapatan Nasional
Alokasi Waktu                     : 180 Menit

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Memahami pengertian pendapatan nasional
·         Memahami manfaat pendapatan nasional
·         Menganalisis komponen-komponen/konsep pendapatan nasional
·         Menganalisis metode penghitungan pendapatan nasional
·         Menjelaskan konsep pendapatan per kapita
·         Memahami konsep distribusi pendapatan
·         Membuat pola hubungan informasi/data yang diperoleh untuk menyimpulkan tentang konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional
·         Menyajikan hasil analisis penghitungan pendapatan nasional melalui media lisan dan tulisan

B.      Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media                        : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan              : Spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar      : Buku Ekonomi Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :
Pengertian pendapatan nasional dan Manfaat pendapatan nasional.
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
Kegiatan Inti ( 150 Menit )
Kegiatan Literasi
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pengertian pendapatan nasional dan Manfaat pendapatan nasional.
Critical Thinking
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pengertian pendapatan nasional dan Manfaat pendapatan nasional.
Collaboration
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pengertian pendapatan nasional dan Manfaat pendapatan nasional.
Communication
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
Creativity
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pengertian pendapatan nasional dan Manfaat pendapatan nasional. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
D.      Penilaian Hasil Pembelajaran
-        Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
-        Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio
­­­

                                                                                                                           ……….............……..,... Juli 20...

Mengetahui
Kepala Sekolah ………….                                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………………………                                                           …………………………………….
NIP/NRK.                                                                                                     NIP/NRK.

Demikianlah contoh rpp 1 lembar ekonomi kelas 11 revisi 2020 sma/ma sesuai dengan permendikbud no.14 tahun 2019 dengan materi Pendapatan Nasional. Semoga bermanfaat
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul :

RPP 1 Lembar Ekonomi Kelas 11 SMA/Ma K13 Revisi 2020

0 Response to "RPP 1 Lembar Ekonomi Kelas 11 SMA/Ma K13 Revisi 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi 2020, KLIK DI SINI