RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/Mts Revisi 2020

RPP Bahasa Indonesia kelas 8 tentang teks berita revisi 2020. RPP 1 lembar teks berita bahasa indonesia kelas viii smp/mts. Selamat malam, saat ini admin membagikan artikel seputar rpp 1 lembar revisi 2020 yakni rpp bahasa indonesia kelas viii tahun 2020 smp/mts model 1 lembar tentang teks berita.
RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP
Pada postingan sebelumnya, admin sudah membagika rpp 1 lembar pend agama islam kelas x sma/ma revisi 2020 dan rpp 1 lembar bahasa inggris kelas 11 sma/ma tahun 2020.

Dalam menulis RPP 1 lembar bahasa indonesia kelas 8 guru harus Ikhlas karena Penyusunan RPP bahasa indonesia merupakan kewajiban Guru mata pelajaran bahasa indonesia. Adapun Pelaksanaannya dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar di kelas Dimulai , Mengapa harus ikhlas karena Isi RPP bahasa indonesia kelas viii adalah ide/pikiran/ materi yang akan di ajarkan ke siswa.

Dengan di sederhanakannya RPP bahasa indonesia kelas viii menjadi 1 halaman atau 1 lembar bukan berarti bahwa RPP bahasa indonesia yang lama sudah tidak dapat lagi di gunakan.

RPP bahasa indonesia kelas viii lama yang masih menggunakan banyak halaman masih tetap dapat di pergunakan oleh guru mata pelajaran bahasa indonesia kelas 8 namun jika ingin di sederhanakan maka guru pun dapat melakukannya sehingga dapat di jadikan menjadi RPP bahasa indonesia bentuk 1 lembar revisi 2020.

Adapun hal-hal penting yang harus di tuangkan di dalam RPP bahasa indonesia kelas 8 yang akan di sederhanakan menjadi 1 halaman yaitu harus memuat 3 komponen utama yang meliputi : tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan assessment atau bentuk penilaian.

Baik, langsung saja berikut rpp 1 lembar bahasa indonesia smp/mts kelas 8 dengan materi teks berita revisi 2020 sesuai dengan permendikbud no.14 tahun 2019 :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                 : SMP ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                    : VIII / Ganjil
Materi Pokok                       : Teks Berita
Alokasi Waktu                     : 120 Menit

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Memahami pengertian teks berita
·         Menjelaskan pengertian teks berita

B.      Media Pembelajaran, Alat dan Sumber Belajar
Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, LCD Proyektor
Alat/Bahan : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar: Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII, Kemendikbud, Tahun 2016

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :
Pengertian teks berita.
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
Kegiatan Literasi
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pengertian teks berita.
Critical Thinking
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pengertian teks berita.
Collaboration
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pengertian teks berita.
Communication
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
Creativity
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pengertian teks berita. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
D.      Penilaian Hasil Pembelajaran
-          Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
-          Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio
­­­

                                                                                                                           ……….............……..,... Juli 20...

Mengetahui
Kepala Sekolah ………….                                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………………………                                                           …………………………………….
NIP/NRK.                                                                                                     NIP/NRK.

Demikianlah rpp bahasa indonesia model 1 lembar kelas 8 smp/mts revisi tahun 2020 sesuai dengan permendikbud no.14 tahun 2019 dengan materi teks berita. Jangan lupa bantu share.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul :

RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/Mts Revisi 2020

0 Response to "RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/Mts Revisi 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi 2020, KLIK DI SINI