RPP 1 Lembar Matematika Peminatan Kelas XI SMA/Ma Revisi 2020

RPP Matematika Peminatan kelas 11 Persamaan Trigonometri. Download rpp 1 lembar matematika revisi 2020. Pada postingan sebelumnya admin sudah membagikan contoh rpp 1 lembar bahasa indonesia kelas 10 revisi 2020, dan kini admin membagikan link download rpp matematika peminatan kelas 11 materi persamaan Trigonometri.
RPP 1 Lembar Matematika Peminatan Revisi 2020
Jika pada jenjang SD dan SMP mata pelejaran matematika merupakan mata pelajaran umum yang wajib di pelajari di setiap tingkatan kelas maka berbeda halnya dengan di SMA/Ma untuk mata pelajaran matematika di SMA di bagi menjadi 2 yaitu matematika wajib dan matematika peminatan untuk kelas 10, 11 dan kelas 12.

Pada postingan kali ini saya ingin membahas mengenai perangkat pembelajaran untuk mata pelajaran matematika peminatan kelas 11 SMA kurikulum 2013 revisi 2019 khususnya perangkat RPP dan juga silabus untuk materi Persamaan Trigonometri.

Perangkat pembelajaran merupakan dokumen yang wajib di buat oleh seorang tenaga pendidik atau guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran khususnya guru matematika peminatan kelas 11. Selain sebagai suatu rencana yang akan dilakukan sebelum mengajar perangkat pembelajaran juga perlu di siapkan dalam menghadapi kegiatan supervisi sekolah.

Keberhasilan Guru matematika peminatan kelas 11 tak lepas dari lesson plan yang telah dibuat jauh sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pembelajaran yang terencana akan lebih efektif dan efesien, karena guru bisa menuangkan ide kreatif yang bisa diterapkan dalam model pembelajaran.

Isi edaran yang penulis maksud tujuannya adalah mengajak para guru mengajar dengan RPP yang terdiri dari tiga komponen saja Yakni Tujuan, kegiatan dan penilaian pembelajaran. Sehingga menurut bapak menteri bisa dibuat satu lembar/halaman saja RPP guru.

Baik langsung saja berikut rpp 1 lembar matematika peminatan kelas 11 sma/ma revisi 2020 dengan materi Persamaan Trigonometri :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                 : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Matematika Peminatan
Kelas/Semester                    : XI / Ganjil
Materi Pokok                       : Persamaan Trigonometri
Alokasi Waktu                     : 180 Menit

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Memahami pengertian, jenis-jenis dan bentuk kurva fungsi trigonometri
·         Menentukan nilai limit menuju nol, dengan menggunakan rumus dasar limit Trigonometri.
·         Menentukan Himpunan Penyelesaian persamaan trigonometri sederhana pada interval tertentu.
·         Menentukan penyelesaian limit bentuk tak tentu fungsi trigonometri dengan menggunakan rumus-rumus trigonomteri.
·         Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri yang  dapat dinyatakan dalam persamaan kuadrat.
·         Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri menggunakan bentuk  k cos (x – s) dengan interval tertentu.
·         Menyelesaikan limit bentuk tak tentu fungsi trigonometri dengan menggunakan rumus-rumus trigonomteri.
·         Menyelesaikan persamaan trigonometri yang  dapat dinyatakan dalam persamaan kuadrat.
·         Menyelesaikan persamaan trigonometri menggunakan bentuk  k cos (x – s) dengan interval tertentu

B.      Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media                        : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan              : Spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar      : Buku Matematika (Peminatan) Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :
Pengertian dan jenis-jenis trigonometri.
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
Kegiatan Inti ( 150 Menit )
Kegiatan Literasi
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pengertian dan jenis-jenis trigonometri.
Critical Thinking
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pengertian dan jenis-jenis trigonometri.
Collaboration
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pengertian dan jenis-jenis trigonometri.
Communication
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
Creativity
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pengertian dan jenis-jenis trigonometri. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
D.      Penilaian Hasil Pembelajaran
-        Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
-        Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio
­­­

                                                                                                                           ……….............……..,... Juli 20...

Mengetahui
Kepala Sekolah ………….                                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………………………                                                           …………………………………….
NIP/NRK.                                                                                                     NIP/NRK.

Demikianlah rpp 1 lembar matematika peminatan kelas 11 sma/ma revisi 2020 sesuai permendikbud no.14 tahun 2019 tentang materi Persamaan Trigonometri. Jangan lupa bantu share ya.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul :

RPP 1 Lembar Matematika Peminatan Kelas XI SMA/Ma Revisi 2020

0 Response to "RPP 1 Lembar Matematika Peminatan Kelas XI SMA/Ma Revisi 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi 2020, KLIK DI SINI