RPP 1 Lembar Sejarah Peminatan Kelas XII SMA/Ma K13 Revisi 2020

RPP Kurikulum 2013 revisi 2020 Sejarah minat kelas xii SMA/Ma. RPP 1 lembar sejarah peminatan kelas 12 K13 revisi 2020. Pada kesempatan kali ini admin kembali membagikan contoh rpp 1 lembar k13 revisi 2020 abad 21 yakni rpp sejarah peminatan sma/ma kelas 12 dengan materi Respon internasional terhadap Proklamasi kemerdekaan Indonesia.
rpp 1 lembar sejarah peminatan kelas 12 k13 revisi 2020
Baca juga postingan sebelumnya seputar RPP 1 lembar matematika wajib kelas 12 revisi 2020 dan RPP 1 lembar fisika kelas xi sma/ma k13 revisi 2020.

Materi pada matematika wajib kelas 12 sma/ma k13 revisi 2020 terdiri dari Respon internasional terhadap Proklamasi kemerdekaan Indonesia, Perkembangan IPTEK dalam era globalisasi, Peran aktif Bangsa Indonesia pada masa Perang Dingin, Sejarah organisasi regional dan global, Peristiwa kontemporer dunia dan Konflik-konflik di Timur-Tengah, Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Timur, Eropa, Afrika, dan Amerika Latin.

Dalam Penyusunan RPP Baru, Kebijakan Baru yang ditetapkan dalam Penyusunan RPP adalah untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kemendikbud akan menyederhanakannya dengan memangkas beberapa komponen. Dalam kebijakan baru tersebut, guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP.

Contoh RPP 1 Lembar sejarah peminatan SMA Tahun Ajaran 2020/2021 akan Kami Bagikan Untuk Ibu dan Bapak Guru yang Membutuhkan RPP 1 Lembar sejarah peminatan.

Sebagai seorang guru mata pelajaran sejarah peminatan kelas 12 sma/ma maka pekerjaan dalam membuat perangkat pembelajaran memang sudah menjadi tanggung jawab yang tidak boleh di lalaikan. Apalagi jika akan menghadapi kegiatan supervisi baik oleh kepala skeolah maupun oleh pengawas sekolah maka mau tak mau guru harus dapat mempersiapkan perangkat pembelajarannya sesuai dengan mata pelajaran yang di ajarkannya.

Baik, untuk lebih jelasnya. Dibawah ini adalah contoh rpp 1 lembar mata pelajaran sejarah peminatan sma/ma kelas 12 semester 1 sesuai dengan permendikbud no.14 tahun 2019 dengan materi Respon internasional terhadap Proklamasi kemerdekaan Indonesia.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                 : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Sejarah (Peminatan)
Kelas/Semester                    : XII / Ganjil
Materi Pokok                       : Respon internasional terhadap Proklamasi kemerdekaan Indonesia
Alokasi Waktu                     : 180 Menit

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Menjelaskan pengakuan kemerdekaan RI dari Mesir, India, Australia
·         Menjelaskan pengakuan proklamasi kemerdekaan Indonesia dari PBB
·         Menjelaskan tentang KMB dan sikap Belanda
·         Mengklasifikasi data dari berbagai sumber pertanyaan respon Internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia
·         Mengevaluasi dan menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan mengenai respon Internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia
·         Menyajikan hasil analisis dan evaluasi mengenai respon Internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam bentuk tulisan dan/atau media lain

B.      Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media                        : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan              : Spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar      : Buku Sejarah (Peminatan) Siswa Kelas XII, Kemendikbud, Tahun 2016

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :
Pengakuan kemerdekaan RI dari Mesir.
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
Kegiatan Inti ( 150 Menit )
Kegiatan Literasi
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pengakuan kemerdekaan RI dari Mesir.
Critical Thinking
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pengakuan kemerdekaan RI dari Mesir.
Collaboration
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pengakuan kemerdekaan RI dari Mesir.
Communication
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
Creativity
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pengakuan kemerdekaan RI dari Mesir. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
D.      Penilaian Hasil Pembelajaran
-        Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
-        Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio
­­­

                                                                                                                           ……….............……..,... Juli 20...

Mengetahui
Kepala Sekolah ………….                                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………………………                                                           …………………………………….
NIP/NRK.              NIP/NRK.

Demikianlah contoh rpp 1 lembar sejarah indonesia kelas 12 semester 1 untuk sma/ma kurikulum 2013 revisi 2020 dengan materi Respon internasional terhadap Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Semoga bermanfaat. Terms
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul :

RPP 1 Lembar Sejarah Peminatan Kelas XII SMA/Ma K13 Revisi 2020

0 Response to "RPP 1 Lembar Sejarah Peminatan Kelas XII SMA/Ma K13 Revisi 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi 2020, KLIK DI SINI