RPP 1 Lembar PKn Kelas 11 SMA/Ma K13 Revisi Terbaru
Download rpp 1 lembar pkn kelas 11. Contoh rpp pkn kelas xi sma terbaru. RPP 1 lembar model terbaru. Selamat malam, pada kesempatan kali ini admin kembali membagikan artikel pendidikan yakni contoh rpp 1 lembar terbaru 2020 khususnya mata pelajaran PKn kelas XI sma/ma.
Baca juga postingan sebelumnya seputar "RPP 1 Lembar PKn kelas XII SMA K13 Revisi Terbaru" dan "Keputusan tentang panduan pembelajaran di Masa pandemi Covid-19"
Sebelum mempelajari rpp model 1 lembar pkn kelas 11 sma revisi 2020, silahkan simak terlebih dahulu urutan materi ppkn kelas xi sma revisi 2020 di bawah ini :
- Kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif Pancasila
- Sistem dan dinamika demokrasi Pancasila
- Sistem hukum dan peradilan di Indonesia
- Peran Indonesia dalam perdamaian dunia
- Kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
- Faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa
Nah untuk contoh rpp 1 lembar pkn kelas 11 sma k13 revisi 2020 ini yang saya bagikan adalah mataeri Kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif Pancasila yang bisa anda lihat di bawah ini :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMA Negeri ……………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Materi Pokok : Kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam
prespektif Pancasila
Alokasi Waktu : 4 JP X 45 Menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menghargai hak
asasi manusia berdasarkan perspektif pancasila sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa
·
Bersikap peduli
terhadap hak asasi manusia berdasarkan perspektif pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
·
Memahami konsep
Hak dan Kewajiban Asasi Manusia
·
Memahami
substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Pancasila
·
Menganalisis
kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia
·
Menganalisis upaya
penegakan Hak Asasi Manusia
·
Menganalisis
pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
·
Menyaji hasil
analisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
B.
Media/alat,
Bahan dan Sumber Belajar
Media
: Worksheet
atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan
: Spidol,
papan tulis, Laptop & infocus
Sumber
Belajar : Buku PPKn
Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016
C.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan
pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. |
|
Menyampaikan motivasi
tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari
materi : Konsep Hak dan Kewajiban Asasi Manusia. |
|
Menjelaskan hal-hal
yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang
akan ditempuh, |
|
Kegiatan Inti ( 150 Menit ) |
|
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Konsep Hak dan Kewajiban Asasi Manusia. |
Critical Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai
dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Konsep Hak dan Kewajiban Asasi Manusia. |
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Konsep Hak dan Kewajiban Asasi Manusia. |
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau
individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan |
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang
telah dipelajari terkait Konsep Hak
dan Kewajiban Asasi Manusia.
Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal
yang belum dipahami |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
Peserta didik membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
D.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
-
Penilaian Sikap
-
Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis
pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi
tanya jawab dan percakapan serta penugasan
-
Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk
kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio
……….............……..,...
Juli 20...
Mengetahui
Kepala Sekolah …………. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Demikianlah contoh rpp 1 lembar ppkn kelas xi sma k13 revisi 2020 yang bisa saya bagikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih
0 Response to "RPP 1 Lembar PKn Kelas 11 SMA/Ma K13 Revisi Terbaru"
Post a Comment