RPP 1 Lembar Pend Agama Kristen Kelas 9 Revisi
Selamat malam, Alhamdulillah kembali lagi admin update artikel seputar rpp satu lembar setelah beberapa bulan fakum karena kesibukan di luar. Saat ini admin akan membagikan contoh rpp 1 lembar revisi yakni rpp satu lembar PA Kristen dan budi pekerti kelas 9 smp semester 1.
Saat ini, rpp yang digunakan adalah rpp format 1 lembar atau satu halaman, oleh karena itu admin akan membagikan rpp satu lembar agama kristen kelas 9 smp dimana pada rpp ini adalah penyederhanaan dari rpp sebelumnya.
Sesuai dengan surat edaran mendikbud tentang penyederhanaan RPP Pendidikan agama kristen yang mana di dalam format RPP agama kristen kelas 9 sederhana harus memuat 3 unsur penting yang diantaranya tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran serta penilaian maka di dalam file RPP 1 lembar PAK kelas 9 semester 1 ini pun sudah memuat ke 3 unsur tersebut.
Admin berharap, dengan adanya contoh rpp 1 lembar pend agama kristen kelas 9 ini agar bisa anda jadikan sebagai referensi untuk melengkapi perangkat pembelajaran pendidikan agama kristen khususnya kelas 9. Apabila ada kekeliruan dari file RPP 1 lembar agama kristen kelas 9 ini maka saya mohon untuk bisa di perbaharui sehingga bisa semakin baik dan dapat di sesuaikan dengan keadaan di sekolah masing-masing.
Baik langsung saja berikut contoh rpp satu lembar PAK kelas 9 untuk anda jadikan referensi :
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
:
...
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Kristen dan Budi Pekerti
Kelas/Semester
: IX/Ganjil
Materi
Pokok : Gereja Sebagai Umat
Allah yang Baru
Alokasi
Waktu : 120 Menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menghayati karya Allah dalam pertumbuhan gereja
·
Menunjukkan sikap menghargai karya Allah dalam pertumbuhan gereja
·
Membedakan gereja yang hanyalah gedung dengan gereja yang merupakan
orangnya.
·
Menjelaskan mengapa gereja memiliki ciri-ciri yang khas sebagai kritik
terhadap umat Yahudi pada masa Yesus serta menyebutkan ciri-ciri tersebut.
·
Menjelaskan beberapa aspek pergumulan gereja di masa lampau dan masa
kini.
·
Menyebutkan beberapa contoh kegagalan gereja untuk hidup sesuai dengan
kehendak Tuhan, serta menyusun rencana tentang bagaimana mengubah kegagalan
tersebut, bila hal itu mereka temukan di gereja mereka.
B.
Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian,
LCD Proyektor
Alat/Bahan : Penggaris,
spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar : Buku Pendidikan
Agama Kristen Siswa Kelas IX, Kemendikbud,
Tahun 2016 & Lingkungan setempat
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan
pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. |
|
Menyampaikan
motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan
mempelajari materi : Gereja Gedungnya atau
Orangnya dan Makna Gereja. |
|
Menjelaskan
hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode
belajar yang akan ditempuh, |
|
Kegiatan Inti ( 90 Menit ) |
|
Kegiatan Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan
menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi
Gereja Gedungnya atau Orangnya dan
Makna Gereja. |
Critical Thinking |
Guru
memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Gereja Gedungnya atau Orangnya dan
Makna Gereja. |
Collaboration |
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan
informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Gereja Gedungnya atau Orangnya dan
Makna Gereja. |
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil
kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau
individu yang mempresentasikan |
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Gereja Gedungnya atau Orangnya dan Makna Gereja. Peserta didik kemudian diberi kesempatan
untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
Peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
D.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
·
Penilaian Skala Sikap
·
Penilaian Tes Uraian dan Penilaian Diskusi
……….............……..,...
Juli 20...
Mengetahui
Kepala Sekolah …………. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Demikianlah contoh rpp pak kelas 9 semester 1 yang sempat admin bagikan, semoga bermanfaat.
0 Response to "RPP 1 Lembar Pend Agama Kristen Kelas 9 Revisi"
Post a Comment