RPP 1 Lembar Pend Agama Kristen Kelas 9 Revisi

Selamat malam, Alhamdulillah kembali lagi admin update artikel seputar rpp satu lembar setelah beberapa bulan fakum karena kesibukan di luar. Saat ini admin akan membagikan contoh rpp 1 lembar revisi yakni rpp satu lembar PA Kristen dan budi pekerti kelas 9 smp semester 1.

rpp 1 lembar pak kelas 9

Saat ini, rpp yang digunakan adalah rpp format 1 lembar atau satu halaman, oleh karena itu admin akan membagikan rpp satu lembar agama kristen kelas 9 smp dimana pada rpp ini adalah penyederhanaan dari rpp sebelumnya.

Sesuai dengan surat edaran mendikbud tentang penyederhanaan RPP Pendidikan agama kristen yang mana di dalam format RPP agama kristen kelas 9 sederhana harus memuat 3 unsur penting yang diantaranya tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran serta penilaian maka di dalam file RPP 1 lembar PAK kelas 9 semester 1 ini pun sudah memuat ke 3 unsur tersebut.

Admin berharap, dengan adanya contoh rpp 1 lembar pend agama kristen kelas 9 ini agar bisa anda jadikan sebagai referensi untuk melengkapi perangkat pembelajaran pendidikan agama kristen khususnya kelas 9. Apabila ada kekeliruan dari file RPP 1 lembar agama kristen kelas 9 ini maka saya mohon untuk bisa di perbaharui sehingga bisa semakin baik dan dapat di sesuaikan dengan keadaan di sekolah masing-masing.

Baik langsung saja berikut contoh rpp satu lembar PAK kelas 9 untuk anda jadikan referensi :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                                                 : ...

Mata Pelajaran                    : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                    : IX/Ganjil

Materi Pokok                       : Gereja Sebagai Umat Allah yang Baru

Alokasi Waktu                     : 120 Menit

 

A.      Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Menghayati karya Allah dalam pertumbuhan gereja

·         Menunjukkan sikap menghargai karya Allah dalam pertumbuhan gereja

·         Membedakan gereja yang hanyalah gedung dengan gereja yang merupakan orangnya.

·         Menjelaskan mengapa gereja memiliki ciri-ciri yang khas sebagai kritik terhadap umat Yahudi pada masa Yesus serta menyebutkan ciri-ciri tersebut.

·         Menjelaskan beberapa aspek pergumulan gereja di masa lampau dan masa kini.

·         Menyebutkan beberapa contoh kegagalan gereja untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan, serta menyusun rencana tentang bagaimana mengubah kegagalan tersebut, bila hal itu mereka temukan di gereja mereka.

 

B.      Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar

Media                     : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, LCD Proyektor

Alat/Bahan           : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus

Sumber Belajar   : Buku Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas IX, Kemendikbud, Tahun 2016 & Lingkungan setempat

 

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Gereja Gedungnya atau Orangnya dan Makna Gereja.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti ( 90 Menit )

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Gereja Gedungnya atau Orangnya dan Makna Gereja.

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Gereja Gedungnya atau Orangnya dan Makna Gereja.

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Gereja Gedungnya atau Orangnya dan Makna Gereja.

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Gereja Gedungnya atau Orangnya dan Makna Gereja. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

 

D.      Penilaian Hasil Pembelajaran

·         Penilaian Skala Sikap

·         Penilaian Tes Uraian dan Penilaian Diskusi

 

                                                                                                                           ……….............……..,... Juli 20...

 

Mengetahui

Kepala Sekolah ………….                                                                        Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

……………………………………                                                           …………………………………….

NIP/NRK.              NIP/NRK. 

Demikianlah contoh rpp pak kelas 9 semester 1 yang sempat admin bagikan, semoga bermanfaat.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul :

RPP 1 Lembar Pend Agama Kristen Kelas 9 Revisi

0 Response to "RPP 1 Lembar Pend Agama Kristen Kelas 9 Revisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi 2020, KLIK DI SINI