RPP 1 Lembar Agama Islam Kelas IX SMP/Mts Revisi 2020

RPP PAI 1 Lembar Kelas 9 Kurikulum 2013 revisi 2020. RPP Pend Agama Islam Kelas IX. RPP 1 lembar revisi 2020. Selamat malam, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan rpp pend agama islam kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2020 setelah beberapa hari yang lalu admin membagikan rpp 1 lembar seni budaya kelas 7 smp revisi 2020 dan rpp 1 lembar bahasa indonesia kelas 8 revisi 2020.
rpp 1 lembar agama islam kelas 9 k13 revisi 2020
Persiapkan model program rencana pelaksanaan pembelajaran atau rpp 1 Lembar Pend agama islam Kelas 9 Semester 1 dan 2 K13 Revisi 2020 sebagai penunjang kelancaran proses KBM. terutama dalam upaya guna menciptakan, mempertahankan atau mengembalikan kondisi yang optimal agar pelaksanaan dapat berlangsung dengan lancar.

Apabila rekan guru mata pelajaran PAI kelas 9 smp sedang memerlukan Contoh referensi RPP 1 Lembar SMP PAI versi (lesson Plan) maka admin telah menyiapkan berupa penyusunan RPP 1 lembar terbaru 2020 mata pelajaran pend agama islam yang tentunya dapat menjadi sumber rujukan ketika menyiapkan susunan program perencanaan pembelajaran.

Mengingat cara Penulisan RPP 1 lembar yang disusun saat ini melalui dikeluarkannya, surat edaran nomor 14 tahun 2019 perihal penyederhanaan RPP pend agama islam smp kurikulum 2013, maka terdapat bagian komponen RPP 1 lembar yang perlu diperhatikan oleh pendidik.

Satu diantaranya yaitu mengenai RPP 1 lembar PA Islam dibuat secara efektif, efesien dan berorientasi dengan sistematika format pengembangan program RPP PAI dan Budi pekerti kelas 9 termuat tiga komponen inti diantaranya tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran serta penilaian pembelajaran (assessement).

Dalam RPP Pend Agama Islam kelas 9 K-13 1 halaman/Lembar yang kami sediakan inipun pastinya menyesuaikan juga apa yang menjadi ketetapan kemendikbud yaitu mengenai pengembangan dibuat dengan berlandaskan prinsip-prinsip efektif, efesien serta berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach).

Baik langsung saja berikut rpp 1 lembar pend agama islam dan budi pekerti kelas ix smp/mts kurikulum 2013 revisi 2020 dengan materi Optimis, ikhtiar, dan tawakal :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                 :SMP...
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                    : IX/Ganjil
Materi Pokok                       : Optimis, ikhtiar, dan tawakal
Alokasi Waktu                     : 120 Menit

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama
·         Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 dan hadis terkait
·         Memahami Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159  serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal.

B.      Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media                     : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an
Alat/Bahan           : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar   : Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IX, Kemendikbud, Tahun 2016

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :
Pemahaman tentang Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159  serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal.
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
Kegiatan Literasi
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pemahaman tentang Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159  serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal.
Critical Thinking
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pemahaman tentang Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159  serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal.
Collaboration
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pemahaman tentang Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159  serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal.
Communication
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
Creativity
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pemahaman tentang Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159  serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
D.      Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian yang akan dilakukan diantaranya penilaian skala sikap, penilaian “Membaca dengan Tartil”, penilaian tes uraian serta penilaian diskusi.



                                                                                                                         ……….............……..,... Juli 20...

Mengetahui
Kepala Sekolah ………….                                                                      Guru Mata Pelajaran




……………………………………                                                          …………………………………….
NIP/NRK.                                                                                                    NIP/NRK.

Demikianlah rpp 1 lembar pend agama islam kelas ix k13 revisi 2020 dengan materi Optimis, ikhtiar, dan tawakal. Terima kasih
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul :

RPP 1 Lembar Agama Islam Kelas IX SMP/Mts Revisi 2020

0 Response to "RPP 1 Lembar Agama Islam Kelas IX SMP/Mts Revisi 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi 2020, KLIK DI SINI