RPP 1 Lembar Biologi Kelas 12 SMA/Ma K13 Revisi 2020

RPP biologi kelas 12 kurikulum 2013 revisi 2020. RPP 1 lembar biologi kelas XII materi Pertumbuhan dan Perkembangan kurikulum 2013 revisi 2020. Selamat siang kembali lagi admin membagikan rpp biologi kelas xii kurikulum 2013 revisi 2020 dengan materi Pertumbuhan dan Perkembangan sesuai dengan permendikbud no.14 tahun 2019.
rpp 1 lembar biologi kelas 12
Baca juga postingan sebelumnya seputar rpp 1 lembar agama islam kelas 9 smp/mts k13 revisi 2020 dan rpp 1 lembar seni budaya kelas smp/mts k13 revisi 2020.

Mata Pelajaran Biologi kelas 12 merupakan muatan Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Jika anda membaca postingan ini, mungkin saja anda adalah seorang Guru SMA Biologi kelas 12 yang sedang mencari referensi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau rpp 1 lembar kurikulum 2013 Revisi terbaru 2020.

RPP 1 Lembar 2020 Biologi SMA/MA Kelas 12 sudah sesuai dengan Permendikbud No 14 Tahun 2019 yang ditandatangani oleh bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A, di Jakarta 10 Desember 2019, memutuskan tentang peraturan penyempurnaan rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP menjadi 1 lembar.

RPP 1 lembar biologi kelas xii Revisi terbaru yang dimaksud adalah dibuat sesuai dengan arahan kebijakan baru pak Nadiem yaitu sesuai dengan surat edaran nomor 14 tahun 2019. Dalam edaran tersebut RPP 1 lembar biologi kelas 12 cukup memuat komponen Inti saja diantaranya Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian atau (Asesment).

Dalam kutipan salinan surat edaran Mendikbud nomor 14 Tahun 2019 yang ditandatangani oleh bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A terdapat empat hal sebagai berikut :
  1. Penyusunan Rencana pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) dilakukan dengan prinsip efesien, efektif, dan berorientasi pada murid.
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajarn (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan belajar murid
  4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana pada angak 1,2, daan 3.
Baik berikut rpp 1 lembar biologi kelas 12 kurikulum 2013 revisi 2020 dengan materi Pertumbuhan dan Perkembangan :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                 : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Biologi
Kelas/Semester                    : XII / Ganjil
Materi Pokok                       : Pertumbuhan dan Perkembangan
Alokasi Waktu                     : 180 Menit

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Mengidentifikasi fakta tentang pertumbuhan pada makhluk hidup
·         Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
·         Menyimpulkan konsep pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
·         Menyusun rancangan, melakukan percobaan tentang pertumbuhan dan perkembangan  makhluk hidup
·         Menyusun laporan tentang pertumbuhan dan perkembangan  makhluk hidup
·         Mempresentasikan/menuliskan dalam log-book/buku kerja kesimpulan hasil kajian dan diskusi tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup

B.      Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media                        : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan              : Spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar      : Buku Biologi Siswa Kelas XII, Kemendikbud, Tahun 2016

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :
Konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
Kegiatan Inti ( 150 Menit )
Kegiatan Literasi
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
Critical Thinking
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
Collaboration
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
Communication
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
Creativity
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
D.      Penilaian Hasil Pembelajaran
-        Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
-        Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio
­­­

                                                                                                                           ……….............……..,... Juli 20...

Mengetahui
Kepala Sekolah ………….                                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………………………                                                           …………………………………….
NIP/NRK.              NIP/NRK.

Demikian rpp biologi kelas 12 sma/ma kurikulum 2013 revisi 2020 dengan materi Pertumbuhan dan Perkembangan sesuai dengan permendikbud no.14 tahun 2019. Semoga bermanfaat!
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul :

RPP 1 Lembar Biologi Kelas 12 SMA/Ma K13 Revisi 2020

0 Response to "RPP 1 Lembar Biologi Kelas 12 SMA/Ma K13 Revisi 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi 2020, KLIK DI SINI