RPP 1 Lembar Pend Agama Islam Kelas 11 SMA/Ma/SMK K13 Revisi 2020

Download rpp lembar agama islam dan budi pekerti. Contoh rpp 1 lembar pendidikan agama islam kelas xi sma k13 2020. Selamat malam, kembali lagi admin membagikan rpp 1 lembar agama islam yakni PA Islam dan Budi Pekerti kelas 11 K13 revisi 2020 dengan materi Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105.
RPP 1 Lembar Pend Agama Islam Kelas 11 K13 Revisi 2020
Pada postingan sebelumnya admin sudah membagikan rpp 1 lembar untuk jurusan mipa yakni rpp 1 lembar fisika kelas 10 dan rpp 1 lembar biologi kelas 12 untuk SMA/Ma semester 1 pertemuan pertama.

Pada Rencana pelaksanaan pembelajaran RPP 1 Lembar Pendidikan Agama Islam kelas xi (kelas 11) SMA/Ma/SMK Kurikulum 2013 yang admin siapkan inipun merupakan format RPP Agama Islam terbaru revisi 2020. Komponen penyusunan telah mengacu berdasarkan prinsip-prinsip efektif efesien dan berorientasi pada siswa. Sebagaimana merujuk sesuai arahan surat edaran no 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP Kurikulum 2013.

Secara umum RPP 1 lembar agama islam kelas x dikembangkan mengacu pada silabus. Pengembangan dilakukan tentunya sebagai upaya guna mengarahkan peserta didik agar dapat mencapai kompetensi dasar (KD).

Selain itupun penyusunan RPP 1 lembar pendidikan agama islam kelas 11 dirancang supaya apa yang menjadi ketetapan dari standar isi dan program kurikulum 2013 maupun program pendidikan dapat terlaksana secara optimal dan lancar.

Berikut urutan materi RPP 1 lembar Pend. Agama Islam kelas 11 k13 revisi 2020 :

Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Semester 1
  • Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105
  • Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32
  • Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.
  • Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.
  • Syaja’ah (berani membela kebenaran)
Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Semester 2
  • Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
  • Pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah
  • Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat
  • Prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
  • Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
  • Perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)
Baik, berikut rpp pend agama islam kelas 11 sma/ma/smk k13 revisi 2020 model terbaru (1 lembar) dengan materi Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                 : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                    : XI / Ganjil
Materi Pokok                       : Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105
Alokasi Waktu                     : 135 Menit

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama
·         Bersikap taat aturan, tanggung jawab, kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementa-si dari pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 serta Hadis yang terkait
·         Membaca Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.
·         Mendemonstrasikan hafalan Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah /9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.

B.      Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
Media                     : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an
Alat/Bahan           : Spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar   : Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, Tahun 2016

C.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :
Model-model jenis cara membaca indah Q.S. an-Nisā’/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Kegiatan Literasi
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Model-model jenis cara membaca indah Q.S. an-Nisā’/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.
Critical Thinking
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Model-model jenis cara membaca indah Q.S. an-Nisā’/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.
Collaboration
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Model-model jenis cara membaca indah Q.S. an-Nisā’/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.
Communication
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
Creativity
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Model-model jenis cara membaca indah Q.S. an-Nisā’/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
D.      Penilaian Hasil Pembelajaran
1.       Penilaian Skala Sikap
2.       Penilaian “Membaca dengan Tartil”
3.       Penilaian Diskusi


                                                                                                                         ……….............……..,... Juli 20...

Mengetahui
Kepala Sekolah ………….                                                                      Guru Mata Pelajaran



……………………………………                                                          …………………………………….
NIP/NRK.              NIP/NRK.

Demikianlah rpp 1 lembar Pend. agama islam sma/ma kelas 11 k13 2020, semoga bermanfaat!
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul :

RPP 1 Lembar Pend Agama Islam Kelas 11 SMA/Ma/SMK K13 Revisi 2020

0 Response to "RPP 1 Lembar Pend Agama Islam Kelas 11 SMA/Ma/SMK K13 Revisi 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Revisi 2020, KLIK DI SINI